Beranda | Artikel
Kenapa Nabi Nuh dan Luth Bisa Mendapat Istri yang Khianat?
Selasa, 27 Agustus 2019

Sebagaimana dalam penjelasan sebelumnya istrinya Nabi Nuh dan Nabi Luth itu khianat dalam hal agama. Bukankah harusnya laki-laki yang baik mendapatkan perempuan yang baik? Kenapa keadaan Nabi Nuh dan Luth berbeda?

 

Dalam ayat disebutkan,

الْخَبِيثَاتُ لِلْخَبِيثِينَ وَالْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثَاتِ وَالطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِينَ وَالطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَاتِ

Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula).” (QS. An-Nuur: 26)

 

Baca dulu: Laki-Laki Baik untuk Perempuan Baik

 

Syaikh Musthafa Al-‘Adawi menjelaskan tentang hal ini:

  1. Laki-laki saleh tetap mencari perempuan yang salehah namun bisa jadi ia dikhianati. Jadi secara lahiriyah ia salehah, akan tetapi hatinya kafir, munafik, wal ‘iyadzu billah. Itulah kenapa disebut dalam surah At-Tahrim, kedua istrinya berkhianat.
  2. Bisa jadi Nabi Nuh dan Nabi Luth menikah dengan istrinya sebelum diangkat menjadi nabi. Sebelum diangkat menjadi Nabi, kedua istrinya tersebut telah kafir. Dahulu laki-laki muslim masih boleh menikahi wanita kafir, syariat ini masih berlaku sebelum Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam diutus. Terkhusus lagi yang dimaksud khianat di sini adalah khianat dalam hal agama, bukan khianat yang kaitannya dengan urusan ranjang. Karena menurut jumhur (mayoritas) pakar tafsir, istri para nabi tidaklah mungkin berkhianat dalam masalah ranjang.
  3. Bisa jadi makna surah An-Nuur ayat 26 adalah kalimat yang thayyib (yang baik) hanya keluar dari orang-orang yang thayyib (yang baik).

 

Lihat penjelasan dalam At-Tashil li Ta’wil At-Tanzil Juz’u Qad Sami’a, hlm. 379 dan At-Tashil li Ta’wil At-Tanzil Surah An-Nuur, hlm. 142-143.

 


 

Oleh yang selalu mengharapkan ampunan Allah: Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel Rumaysho.Com


Artikel asli: https://rumaysho.com/21277-kenapa-nabi-nuh-dan-luth-bisa-mendapat-istri-yang-khianat.html